Strategi Penanganan Potensi Inflasi dan Memastikan Stabilitas Harga Bahan Pokok

Demak - Wakil Bupati Demak Ali Makhsun memimpin High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Demak. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan strategi penanganan potensi inflasi dan memastikan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok di tengah dampak banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Demak. Senin, (2/4/24).

Pada kesempatan tersebut Ali menggarisbawahi kondisi darurat yang dihadapi Kabupaten Demak pasca-banjir yang berimbas besar pada berbagai sektor kehidupan. 

"Banjir yang melanda kita telah menyebabkan kerusakan luas pada lahan pertanian, kematian ternak, dan lumpuhnya roda perekonomian, sehingga mengakibatkan kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok," ungkap Ali.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Demak menyoroti tantangan yang dihadapi menjelang bulan Ramadan, dimana kebutuhan bahan pokok masyarakat meningkat signifikan. 

"Kita harus mampu menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat dengan sinergitas seluruh pemangku kebijakan, agar pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan optimal," tegasnya.

Ali juga menekankan pentingnya antisipasi dan persiapan menghadapi permasalahan yang kerap muncul menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti lonjakan harga bahan pokok, kebutuhan BBM, potensi kecelakaan lalu lintas, hingga gangguan kamtibmas. 

"Saya minta agar Dinas Perdagangan segera melakukan monitoring dan koordinasi lintas sektoral untuk memastikan pasokan beras dan bahan pokok lainnya dalam kondisi aman," ujarnya.

Selain itu, Wakil Bupati mengajak seluruh pemangku kebijakan di bidang perhubungan untuk memastikan kelancaran distribusi bahan pokok dan menghindari kemacetan. Bagi Camat, Kapolsek, Danramil, dan jajarannya diminta untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, dan tentram.

"Bersama, kita perkuat sinergitas dan komitmen kita bersama untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Mari kita hadapi tantangan ini dengan bijak dan terkoordinasi," pungkas Wakil Bupati Demak, Ali Maksun. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 1412
Kunjungan Bulan Ini : 15753
Kunjungan Tahun Ini : 161720

Ikuti Kami