Desa Candisari Gelar Apitan Gebyur Dawet

Demak – Ribuan warga Desa Candisari Kecamatan Mranggen berebut gunungan hasil bumi seperti jagung, padi, nanas, belimbing, kelapa dan tomat, saat tradisi Apitan atau Sedekah Bumi Desa Candisari Kecamatan Mranggen, Selasa (13/06/23).

Diawali dengan kirab dari Balai Desa Candisari menuju ke lokasi Apitan, yang diikuti oleh Bupati Demak Eisti’anah, Kabag Perekonomian Arif Sudaryanto, dan Forkopimcam serta aparat desa setempat, didampingi barisan Lare Angon dengan membawa hasil bumi yang merupakan Simbol Rojo Koyo.

Iringan Apitan juga membawa tirto wening (air dalam kendi), yang selanjutnya diberikan kepada Lurah Desa Candisari untuk di campurkan dengan dawet, kemudian diberikan doa. Kemudian di bagikan kepada masyarakat dan sebagian dawet di gebyur (dilempar) pada warga yang dilakukan oleh Bupati Eisti’anah.

Kades Suratman menjelaskan, gebyur dawet dimaksudkan untuk ngudari hal-hal yang ruwet (membuka hal-hal yang rumit) sehingga Apitan tersebut dikenal dengan Apitan Gebyur Dawet.

Bagi masyarakat yang terkena gebyuran dawet tersebut memiliki sugesti bahwa hal tersebut memberikan berkah bagi mereka.

Dalam kemeriahan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kegiatan sosilisasi DBHCHT yang bertemakan Gempur Rokok Ilegal dengan narasumber Bupati Demak Eisti’anah dan perwakilan Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah. (kominfo)

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 201
Kunjungan Bulan Ini : 1327
Kunjungan Tahun Ini : 178554

Ikuti Kami