Dinkominfo Demak Gelar Literasi GCIO Untuk OPD

Demak – GCIO (Government Chief Information Officer) adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahyarini pada acara Literasi GCIO untuk OPD mengenai Sosialisasi Peta Rencana SPBE dan Arsitektur SPBE, Kamis (22/06/23) bertempat di Ruang Belimbing BKPP Demak.

Adapun tujuan sosialisasi ini untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia guna meningkatkan kapasitas SDM sebagai GCIO dalam melaksanakan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi untuk seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Demak.

"Sebagaimana telah kita ketahui bersama, saat ini teknologi informasi (TI) sudah merupakan suatu kebutuhan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Tentunya, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaannya dalam organisasi, TI perlu dikelola sedemikian rupa sehingga dapat memberi keuntungan dan kemanfaatannya bagi organisasi perangkat daerah,"kata Endah.

Endah menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Demak telah Menyusun Peta Rencana dan Arsitektur SPBE yang sesuai dengan Perpres nomor 132 tahun 2022 tentang Arsitektur SPBE Nasional. Dokumen terserbut telah dikonsultasikan dan direkomendasikan oleh Kementrian PANRB dan telah di tetapkan dengan Keputusan Bupati Demak untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan SPBE di Kabupaten Demak. Oleh karenanya setiap pengembangan, pembangunan dan penganggaran SPBE harus mengacu kepada Peta Rencana dan Arsitektur SPBE.

“Dengan telah ditetapkanya Pedoman Menpan RB nomor 6 tahun 2023 tentang tatacara Pemantauan dan evaluasi SPBE. Pemerintah Kabupaten Demak akan melaksanakan evaluasi mandiri tentang kesiapan pelaksanaan SPBE di Kabupaten Demak mulai 13 Juni sampai dengan 2 Juli 2023. Untuk itu diharapkan semua Perangkat Daerah terlibat dalam pelaksanaan evaluasi SPBE agar melengkapi bukti dukung sesuai pedoman yang baru,”jelasnya.

Sementara dalam sambutannya Bupati Demak Eisti’anah melalui Wakil Bupati Ali Makhsun mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi tersebut. Menurutnya kemampuan TI saat ini benar-benar dituntut.

“Saya berharap semuanya dapat menyerap ilmu yang ada di sosialisasi ini. Kalau GCIO ini bisa terealisasi, masyarakat akan mudah terlayani, karena tujuan dari ini semua adalah  untuk mempermudah pelayanan. Dapat menghapus keterbelitan atau memutus yang meribetkan,”pungkasnya. (kominfo/ist)

 

 

 

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 25
Kunjungan Hari Ini : 303
Kunjungan Bulan Ini : 1429
Kunjungan Tahun Ini : 178656

Ikuti Kami