Fauna Endemik Indonesia Jadi Tema Desain Pita Cukai 2023

Demak – Setiap tahun desain pita cukai selalu berubah, untuk tahun 2023 mengambil tema desain fauna endemik Indonesia yaitu Harimau Sumatera, Badak Bercula Satu, Gajah Sumatera, Bekantan dan Tangkasi.

Hal tersebut disampaikan Pemeriksa Bea Cukai Semarang Alfida Novi Sahara, saat menjadi narasumber Sosialisasi Ketentuan Perundang Undangan di Bidang Cukai bertemakan ‘Gempur Rokok Ilegal’, Selasa (18/07/23) di Pendopo Satya Bhakti Praja.

“Setiap tahun desainnya diubah untuk menghindari pemalsuan,”kata Alfida.

Berdasarkan pantauan dilapangan, rokok ilegal mereknya menyerupai rokok-rokok yang laku dipasaran. “Desain dan mereknya mirip – mirip , harganya pun sangat murah, sehingga banyak konsumen rokok memilih rokok ilegal,”ungkap Alfida.

Alfida menjelaskan, rokok ilegal memiliki dampak di beberapa aspek diantaranya berpengaruh pada pengusaha rokok legal dan juga dari segi kesehatan.

“Pabrik rokok legal banyak menyerap tenaga kerja, namun jika rokok ilegal banyak, otomatis akan mematikan industri rokok legal dan mematikan tenaga kerjanya juga, karena akan terjadi PHK besar-besaran. Sementara dari segi kebersihan rokok ilegal tidak dapat di jamin, kadar nikotin tidak ada uji labnya.  Serta ambang aman di konsumsi juga tidak teruji klinis,”terangnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah berpesan kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari Forkopimcam dan Kepala Perangkat Daerah agar dapat menjadi penyambung lidah ke masyarakat terkait Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.

“Saya titip kepada peserta untuk menyebarkan luaskan informasi ini. Kita juga harus turut berperan dalam mengempur rokok ilegal yaitu jangan membuat rokok tanpa ijin, tidak menjual rokok ilegal dan jika menemui penjual rokok ilegal dapat melaporkan ke Kantor Bea Cukai Semarang. Semoga dengan sosialisasi ini bisa menekan pergerakan rokok ilegal. Sehingga DBHCHT semakin tahun juga semakin meningkat dan masyarakat lebih sejahtera,”pungkasnya. (kominfo/ist)

 

 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 22
Kunjungan Hari Ini : 621
Kunjungan Bulan Ini : 1747
Kunjungan Tahun Ini : 178974

Ikuti Kami