Kapolres Demak Himbau Warga Untuk Antisipasi Kebakaran di Musim Kemarau

Demak - Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG terkait fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan penurunan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Demak. Fenomena El Nino di prediksi akan berakhir pada bulan September hingga Oktober 2023.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kapolres Demak Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Purbaya, saat apel pagi di halaman Polres Demak, Rabu (30/8/23).

Dalam upaya mengantisipasi kebakaran pada kemarau panjang ini. Polres Demak memaksimalkan peran dari Bhabinkamtibmas dalam memberikan imbauan kepada masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

"Kita telah beri arahan kepada jajaran terutama personel Bhabinkamtibmas agar selalu membaur bersama warga dan rajin turun ke wilayah binaan guna menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat, terutama antisipasi terjadinya kebakaran saat musim kemarau saat ini," Kata Kapolres Demak AKBP Purbaya. 

"Musim kemarau atau cuaca panas itu sangat rawan menimbulkan potensi peristiwa kebakaran, banyak faktor yang akan menjadi pemicunya," ungkapnya. 

Kapolres pada kesempatan tersebut juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.

"Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut,” jelas Kapolres. 

Selain itu konsleting listrik, lupa mematikan kompor serta alat elektronik lainnya juga beberapa hal yang menjadi penyebab sumber kebakaran.

"Sekali lagi saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal yang akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran," pungkasnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 102
Kunjungan Bulan Ini : 2262
Kunjungan Tahun Ini : 179489

Ikuti Kami