KPU Demak Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Demak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Dengan mengundang perwakilan  partai politik, pengawas pemilu, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)
PPS (Panitia Pemungutan Suara), jurnalis media, Rabu (31/1/24)
bertempat di Gedung IPHI Demak. 

Simulasi dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak yang akan digelar. Simulasi ini juga  memperkenalkan penggunaan Sirekap, merupakan sebuah sistem rekapitulasi elektronik, sebagai bagian dari upaya meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam proses pemilu.

Ketua KPU Demak Siti Ulfaati menyampaikan, adapun tujuan utama dari simulasi ini adalah untuk menguji kesiapan logistik dan sumber daya manusia dalam menghadapi Pemilu 2024. Serta untuk memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang proses pemilu, khususnya terkait dengan penggunaan Sirekap.

"Jadi pada harini kita lakukan simulasi pemungutan suara untuk Pemilu 2024. Kami mengambil sample di desa Kuncir TPS 2 dengan jumlah pemilih 172. Jadi memang ini adalah tindak lanjut dari simulasi yang sudah kita lakukan pertama di desa Timbulsloko . Kalau di Timbulsloko kami menghadirkan pemilih secara real, namun disini kami menggunakan teman-teman PPK dan teman-teman PPS sebagai petugas dan juga sebagai pemilih. Untuk Linmas nya kami ambil dari Linmas asli dari Linmas Kuncir," kata Siti Ulfaati.

"Harapannya dengan kegiatan ini kita bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di pemilihan 14 Februari 2024 yang akan datang. Seperti hari ini tadi terjadi hujan deras dan angin kencang sehingga ini akan menjadi masukan pada kita agar ke depan bisa menghadapi kondisi alam seperti ini," tambahnya.

"Saya rasa kalau kendala kita tidak ada karena memang sudah kami persiapkan. Cuman ya itu tadi karena ini kondisi alam sehingga kita tidak bisa menghindari nya" tutupnya.

KPU Kabupaten Demak mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu Serentak 2024. Sebab pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam pemilu sebagai wujud partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

(Kom/Ist-apj)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 103
Kunjungan Bulan Ini : 17400
Kunjungan Tahun Ini : 163367

Ikuti Kami