Mengenalkan Tari Sinok Dan Tari Grebeg Besar Pada Event Pasar Ndoro Bei

Demak - Tari Sinok dan Tari Grebeg merupakan karya seni tari terbaru yang dari anak Demak, yang memiliki kepedulian seni dan budaya khas Demak.

Tari Sinok atau “Nok”, merupakan Sebutan lain dari kata “nduk” atau “genduk”. Di pesisir utara kata Nok atau Sinok lebih sering dipakai dan juga sebutan untuk anak pererempuan didaerah pesisir utara.

Tari Sinok  mendeskripsikan akulturasi dari Cina Jawa hal ini dikarenakan Raden Fatah merupakan seorang keturunan Cina Jawa. Tari ini menceritakan perempuan pesisir utara sedang bersendau gurau di daerah Kabupaten Demak. Pada masa klasik atau sekitar abad ke 16.

"Tari sinok ini hasil cipta karya tari kreasi dari sanggar kami, sanggar padma baswara. Komposisinya dibuat oleh saya sendiri," Kata Ika Febriani Laksaningtyas penggerak sanggar Tari Padma Baswara saat di temui di sela-sela penampilan Demak Fashion Show.

Ika menjelaskan, "ini menggambarkan gejolak para kawula muda yang sedang bersemangat mencari jati diri dimana tari Sinok sendiri diambil dari kata “Nok” yang merupakan panggilan khas masyarakat di jawa tengah terutama wilayah pesisir utara," terangnya. 

Garapan tari sinok mengambil gerak tari yang agresif dan ceria menggunakan akulturasi dari beberapa khas jawa tengah. 

Sedangkan Tari Grebeg merupakan karya dari Penggerak Parallel Entertaint  yang muncul dari gagasan dan inisiatif tradisi Grebeg Besar Demak.

Menurut Utsman Shihab bahwa Tari Grebeg Besar ini idenya muncul dari tradisi Grebeg Besar.

"Tari Grebeg ini kami inisiasi dari adanya Grebeg Besar di Kabupaten Demak. Grebeg Besar merupakan salah satu prosesi kebudayaan Kabupaten Demak yang diadakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 10 Zulhijjah," Kata Utsman. 

"Grebeg yang berarti suara angin yang menderu, atau juga dapat diartikan sebagai sebuah pengiring atau perkumpulan. Sedangkan Besar dimaknai sebagai nama bulan Zulhijah dalam masyarakat Jawa. Sehingga ‘Grebeg Besar dapat diartikan sebagai perkumpulan besar masyarakat muslim pada bulan Zulhijah," pungkasnya. 

Untuk mengenalkan kepada masyarakat kedua tarian khas Demak tersebut berpartisipasi untuk tampil di acara wisata tempo dulu Pasar Ndoro Bei dan Lomba Fashion Show busana kasual anak yang di selenggarakan oleh Dinkominfo Kabupaten Demak bertempat di Pendopo Notobratan, Minggu ( 24/09/23). (Kominfo/Apj/Ist-rd)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 350
Kunjungan Bulan Ini : 2510
Kunjungan Tahun Ini : 179737

Ikuti Kami