Pemkab Demak Terima Kunker DPRD Kabupaten Batang

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak menerima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Batang. Rombongan Komisi D DPRD Kabupaten Batang dipimpin Ketua DPRD Maulana Yusuf di terima Asisten Administrasi Umum Amir Mahmud, didampingi Kadinkominfo Endah Cahyarini, serta Kabid Aptika Harso Gutomo di Pendopo Satya Bhakti Praja, Senin (09/10/23).

Pimpinan rombongan Maulana Yusuf menyampaikan maksud kedatangan dan kunjungan yakni ingin belajar terkait kota cerdas berbasi IT (smart city)

“Maksud kunjungan kami untuk belajar smart city. Sebab di Kabupaten Demak menurut kami sudah berhasil mendapatkan penghargaan smart city,”kata Maulana Yusuf.

Selanjutnya, Asisten Administrasi Umum Amir Mahmud menyampaikan ucapan selamat datang serta memberikan waktu kepada Kadinkominfo Endah Cahyarini untuk memaparkan terkait pelaksanaan smart city.

Endah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Demak dalam pelaksanaan smart city sudah dimulai tahun 2019. Pada tahun ke-3 Pemkab Demak mendapat penghargaan pada smart living yaitu Cengkraman Mata Elang.

"Awal sebelum ada inovasi posisi kematian ibu sekitar 112 per 100 ribu kelahiran hidup, pada tahun 2020 aplikasi dikembangkan untuk stunting dan dengan deteksi dini yang cepat menggunakan aplikasi, sehingga pada saat penimbangan di posyandu sudah tahu siapa yang stunting, dan saat itu juga bisa dikunjungi oleh kader CME. Sehingga nantinya tidak ada keterlambatan,”kata Endah.

“Dan hasilnya juga turun signifikan, di tahun 2019 itu sekitar 6,8 persen, sekarang di 2022 di posisi 2,99 persen”, jelasnya

Lanjut Endah, Inovasi Cengkraman Mata Elang (CME) diterapkan semua Puskesmas Se- Kabupaten Demak Tahun 2019, kemudian CME dijadikan Inovasi Quick Wins SMART CITY Kabupaten Demak dalam Program 100 Kabupaten/Kota Pintar Se-Indonesia Tahun 2019, kemudian Inovasi ini dinilai sebagai Juara I FKTP Berprestasi Tingkat Jawa Tengah dan Nakes Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019. Serta CME masuk pada kompetisi TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Puskesmas Bonang II pada tahun 2020.

Di akhir kunjungan dua instansi tersebut saling betukar cindera mata berupa plakat. (kominfo/ ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 28
Kunjungan Hari Ini : 456
Kunjungan Bulan Ini : 2616
Kunjungan Tahun Ini : 179843

Ikuti Kami