Sinergisitas Tim PKK dengan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Demak

Demak - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) Kabupaten Demak menggelar Rapat Konsultasi bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak, Senin, (27/2/23). 

Nur Aeni Akhmad Sugiharto Ketua Panitia Penyelenggara PKK Kabupaten Demak dalam laporannya menyampaikan, adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu program – program pemerintah melalui kemitraan antara tim penggerak PKK dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di jajaran pemerintah Kabupaten Demak. Serta bertujuan untuk mensinkronkan rencana penggerak PKK dengan OPD terkait. 

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula program rencana tim PKK yang telah disetujui oleh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Demak.

“Di tahun 2023 Bidang Pokja I OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Demak dengan kegiatan Tertib Administrasi Kependudukan, sudah disetujui. Selanjutnya Pokja II Baznas kegiatan pelatihan menjahit mukena dan ekonomi kreatif bagi kader PKK desa binaan PKK tahun 2023, kegiatan pelatihan olah makanan berbahan dasar ikan dan ekonomi kreatif bagi kader PKK desa binaan PKK tahun 2023, sudah disetujui,” Kata Nur Aeni.

“Kemudian Pokja III OPD Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) kegiatan lomba masak ikan, gerakan hemar makan ikan (Gemarikan), sudah disetujui. Dan Pokja IV dari OPD Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK bangga kencana, kesehatan tingkat Kabupaten Demak,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak Khodijah Ali Makhsun, yang menyampaikan rapat konsultasi dengan pembina tahun 2023 kali ini sebagai upaya untuk mensinkronisasi dan menyebar luaskan kegiatan PKK dengan OPD yang salah satu kegiatannya tertuang atau terjabar dalam kegiatan 10 program pokok PKK.
“Kegiatan 10 program pokok PKK dengan rincian, penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkopesasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,” Kata Khodijah.

Rapat konsultasai dengan pembina tim penggerak PKK diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik, sehingga tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi optimal.

“Banyak juga program-program pemerintah yang berhasil karena kerjasama dengan para kader PKK baik di desa, kecamatan maupun di tingkat Kabupaten. Kami berharap kepada para pembina untuk dapat bekerjasama dan saling membantu apabila di intansi bapak atau ibu ada program yang ada kaitannya dengan 10 program pokok PKK, kami mohon untuk melibatkan atau mengikut sertakan PKK,” harapnya.

Sementara Bupati Demak Eisti’anah dalam sambutannya menyampaikan, guna lebih memantapkan fungsi PKK, maka kerja sama yang baik antara PKK dengan OPD sangat dibutuhkan. 

“Saya minta agar bisa saling bersinergi dalam melaksanakan program kerjasama guna mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikan program-program yang patut diprioritaskan untuk dilaksanakan dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Eisti.

Lanjutnya, “Kepada para Camat selaku ketua Pembina TP PKK Kecamatan, saya minta untuk tetap menjalankan tugasnya dalam memberikan arahan, bimbingan, masukan, saran, pendapat serta usulan dalam rangka mendukung pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Bimbing dan arahkan Tim Penggerak PKK Desa dalam membuat rencana anggaran kegiatan PKK dalam APBDes,” imbuhnya.

“Saya juga minta kepada seluruh anggota tim untuk senantiasa meningkatkan koordinasi baik internal maupun eksternal. Dengan kuatnya koordinasi mudah-mudahan akan meningkatkan soliditas kinerja TP PKK. Kegiatan dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga terwujud keluarga sejahtera sebagaimana cita-cita kita bersama,”
“Semoga rapat konsultasi ini dapat menghasilkan program yang saling bersinergi untuk pelaksanaan program tahun 2023 dan rencana Program Tahun 2024.”pungkasnya.

Di akhir sesi sambutannya Bupati Demak membacakan pantun, Makan durian bersama-sama, belinya di jepara, mari bergerak bersama, wujudkan keluarga sejahtera. 

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan konsultasi dengan pembina tim penggerak PKK tahun 2023 adalah pembina tim penggerak PKK Kabupaten Demak, tim penggerak PKK Kabupaten Demak, camat se - Kabupaten Demak, ketua tim penggerak PKK Kecamatan se - Kabupaten Demak. (Kominfo/Apj)

Tags sosial-dan-peduli-sesama demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 806
Kunjungan Bulan Ini : 20281
Kunjungan Tahun Ini : 101675

Ikuti Kami